banner

Jumat, 19 Maret 2021

author photo
 Hai sahabat Ahzaa, pada tulisan ini akan saya lanjutkan lagi membagikan seri latihan soal untuk mapel IPS Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 tentang Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan bagian ketiga. Latihan soal bagian ketiga ini adalah kelanjutan dari latihan soal dalam bab yang sama yaitu bagian pertama dan kedua. Adapun latihan soal IPS bab 4 ini membahas tentang sub topik Latar Belakang Munculnya Nasionalisme Indonesia dan Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Topik yang dibahas pada bagian ini adalah seputar perjuangan dan semangat kebangsaan yang terjadi pada awal abad ke-20 dengan awal pergerakan nasional Indonesia, organisasi- organisasi yang berkembang pada era pergerakan nasional, peristiwa sumpah pemuda sampai dengan masa sebelum pendudukan jepang di Indonesia (latihan soal akan disajikan pada post selanjutnya). 


Latihan soal terdiri dari 25 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawaban pada setiap soal untuk mempermudah dalam belajar sekaligus dalam berlatih. Materi disarikan dari buku paket IPS kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013 edisi revisi ditambah referensi dari sumber lainnya yang relevan. Latihan soal disusun dengan detail setiap informasi dengan maksud agar sahabat Ahzaa semua yang mempelajari materi ini dapat mudah mengerti dan memahami materi dengan metode latihan soal. Nah semoga dengan latihan soal ini dapat membantu dalam penilaian harian ataupun dalam penilaian kenaikan kelas mendatang. 

Berikut latihan soalnya, Semoga Bermanfaat..

Salam
============================================================================================
Latihan Soal IPS Kelas 8 SMP/ MTs 
Bab 4 
Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan ;
--- Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan ---
(Part III)

============================================================================================


1. Salah satu penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah sebelum masa kemerdekaan adalah ....
A. sistem komunikasi yang belum modern
B. adanya penyusup dari bangsa sendiri
C. perjuangan yang bersifat kedaerahan
D. wilayah perjuangan yang sangat luas



2.  Berikut ini adalah cakupan bidang kebijakan dalam pelaksanaan politik etis pada tahun 1901, kecuali ....
A. irigasi/ pengairan
B. pendidikan
C. emigrasi/ transmigrasi
D. kesehatan



3. Bentuk penyelewengan dalam politik etis yang diterapkan oleh pemerintah Hindia Belanda adalah ....
A. irigasi untuk kepentingan perkebunan Belanda
B. transmigrasi untuk orang- orang Jawa keluar Jawa untuk dijadikan buruh dengan upah rendah
C. pendidikan hanya untuk tingkatan rendah
D. semua jawaban benar



4. Salah satu tokoh Belanda yang menuangkan kritiknya dengan mengusulkan agar Belanda melakukan balas budi untuk bangsa Indonesia adalah ....
A. Baron van Hoevel 
B. E.F.E. Douwes Dekker
C. L. Vitalis
D. C. Theodore Van Deventer



5. Salah satu bidang politik etis yang mendorong lahirnya kesadaran nasionalisme bangsa Indonesia adalah ....
A. irigasi
B. emigrasi
C. transmigrasi
D. pendidikan



6. Organisasi pergerakan nasional pertama yang menjadi tonggak lahirnya kebangkitan nasional adalah ....
A. Serikat Dagang Islam
B. Budi Utomo
C. Trikoro Dharmo
D. Indische Partij



7. Penderitaan rakyat Indonesia selama masa penjajahan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan atas dasar ....
A. kesamaan bangsa
B. perasaan senasib sepenanggungan
C. kesamaan wilayah
D. latar belakang suku yang sama



8. Tokoh pejuang wanita yang berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan dari daerah Jawa Barat adalah ....
A. RA Kartini
B. Maria Walanda Maramis
C. Dewi Sartika
D. Cut Meutia



9. Berikut ini adalah organisasi bernafaskan keagamaan pada masa awal abad ke-20 kecuali ....
A. Jong islamiten Bond
B. Muhammadiyah
C. Trikoro Darmo
D. Nahdlatul Ulama



10. Salah satu pendorong pergerakan kebangsaan Indonesia dari luar adalah ....
A.  kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905
B. berkembangnya paham baru seperti pan-islamisme, nasionalisme, liberalisme, sosialisme dan demokrasi
C. perkembangan organisasi etnis, kedaerahan, dan keagamaan
D. rasa senasib sepenanggungan



11. Penggagas dan pendorong lahirnya Budi Utomo adalah ....
A. dr. Soetomo
B. dr. Wahidin Soedirohoesodo
C. Ir. Soekarno
D. H.O.S Tjokroaminoto



12. Kongres pertama Budi utomo diselenggarakan di kota ....
A. Semarang
B. Yogyakarta
C. Bandung
D. Surabaya



13. Berikut ini adalah tujuan organisasi yang ditetapkan oleh Budi Utomo melalui kongres pertama tanggal 5 Oktober 1908, kecuali ....
A. memajukan pengajaran
B. memajukan pertanian, peternakan, dagang
C. memajukan teknik, industri dan kebudayaan
D. membentuk gerakan politik aktif



14. Tujuan awal pendirian Serikat Dagang Islam (SDI) adalah ....
A. melindungi kepentingan pedagang pribumi dari ancaman pedagang tiongkok
B. memberikan perlindungan hukum kepada pedagang pribumi
C. menampung aspirasi pedagang pribumi dalam berpolitik
D. menghimpun dana pedagang pribumi untuk kepentingan bersama



15. Perubahan Serikat Dagang Islam (SDI) menjadi Sarekat Islam mengandung tujuan ....
A. organisasi berubah menjadi organisasi politik
B. kegiatan organisasi lebih terbuka ke bidang- bidang lain
C. menetapkan langkah awal untuk membentuk pergerakan politik dalam mengusir penjajah
D. bersatu untuk Indonesia merdeka dari penjajahan



16. Di bawah ini adalah tokoh dari Indische Partij, kecuali ....
A. Suwardi Suryaningrat
B. Drs. Moh Hatta
C. Douwes Dekker
D. Dr. Tjipto Mangunkusumo



17. Tujuan Indische Partij adalah ....
A. mengembangkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia
B. menampung kaum terdidik untuk berani berpendapat melawan belanda
C. mengentaskan kemiskinan pada masa penjajahan
D. mendorong lahirnya pergerakan nasional yang lebih besar



18. Yang merupakan kesepakatan sebagai dasar- dasar pemikiran bersama dalam Kongres Pemuda I adalah ....
A. cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita semua pemuda Indonesia 
B. semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah
C. Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya
D. Jawaban A dan B benar



19. Perhatikan faktor- faktor berikut ini,
(1) sejarah
(2) kemanusiaan
(3) bahasa
(4) hukum adat
(5) persatuan
(6) pendidikan
(7) kemauan

Pada rapat pertama kongres pemuda II, Moehammad Yamin mengemukakan arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Terdapat lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (4), (5), (6)
C. (1), (3), (4), (6), (7)
D. (1), (3), (5), (6), (7)


 
20. Topik masalah yang dibahas pada rapat kedua Kongres Pemuda II adalah ....
A. nasionalisme
B. demokrasi
C. kebangsaan
D. pendidikan



21. Pada rapat ketiga kongres Pemuda II, ada tiga hal pokok yang dibahas kecuali ....
A. nasionalisme
B. ekonomi
C. demokrasi
D. kepanduan



22. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan ....
A. satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa
B. satu nenek moyang, satu suku dan satu bahasa
C. satu tujuan, satu bangsa dan satu bahasa
D. satu keyakinan, satu bangsa dan satu bahasa



23. Di bawah ini yang bukan merupakan tokoh pendiri PNI adalah ....
A. Ir. Soekarno
B. Dr. Cipto Mangunkusumo
C. Moehammad Yamin
D. Ir. Anwari



24. Salah satu penyebab PNI mampu berkembang dengan pesat adalah ....
A. didukung oleh pemerintah Hindia Belanda
B. tokoh- tokoh besar yang menaunginya
C. merangkul semua golongan
D. modal yang besar untuk menyokong partai



25. Dalam sidang Volksraad, seoraang anggota mengajukan petisi yang berisi tuntutan kemerdekaan Indonesia dalam masa 10 tahun. Petisi tersebut dikenal dengan ....
A. Petisi Thamrin
B. Petisi Sutarjo
C. Petisi kemerdekaan
D. Petisi nasional


============================================================================================
Demikian latihan soal IPS kelas 8 SMP/ MTs Bab 4 tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan bagian ketiga yang bisa saya bagikan. Untuk seri bab 4 bagian selanjutnya (keempat) bisa sahabat Ahzaa buka melalui link berikut ini,


Semoga bermanfaat.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top