banner

Minggu, 10 November 2019

author photo

Bila Anda akan mengelola data dengan ukuran yang besar pada MySQL misal untuk backup dan restore database, biasanya PhpMyAdmin tidak dapat melakukan hal tersebut. Untuk lebih amannya, kita dapat menggunakan MySQL Workbench. Kalau ingin mengetahui lebih detail tentang MySQL Workbench, bisa klik disini  Sekarang kita akan belajar cara menginstall MySQL Workbench. 


MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang dapat diakses publik yang menggunakan bahasa Structured Query (SQL) untuk berinteraksi dengan database. MySQL menyimpan data dalam bentuk tabel yang dapat dimodifikasi menggunakan Structured Query Language. Kemampuan beradaptasinya dengan sistem komputasi yang berbeda seperti Windows, Linux, macOS, dan Ubuntu telah menjadikannya pilihan perangkat lunak RDBMS yang mudah digunakan.


MySQL Workbench adalah perangkat lunak terpadu yang digunakan untuk menambah fungsionalitas dan kemudahan pekerjaan pengembangan SQL. MySQL Workbench menyediakan pemodelan data, pengembangan SQL, dan berbagai alat administrasi untuk konfigurasi. Ini juga menawarkan antarmuka grafis untuk bekerja dengan database secara terstruktur.


Bagaimana Cara Menginstal MySQL Workbench?


Selanjutnya, Anda akan melihat cara menginstal MySQL Workbench di Windows. Proses instalasi mirip dengan sistem operasi lain.


1. Buka situs web MySQL di browser. Klik tautan berikut: Download MySQL.


2. Pilih opsi Downloads.




3. Pilih MySQL Installer for Windows.




4. Pilih salah satu Installer dan klik Download.




5. Setelah proses download selesai, buka installernya.




6. Ini akan meminta izin; jika demikian, klik Yes. Installer kemudian akan terbuka. Dan program akan meminta untuk memilih Setup Type. Di sini, pilih Custom.




7. Klik Next. Dengan ini, Anda akan menginstal MySQL server, MySQL Workbench, dan MySQL shell.


8. Buka MySQL Servers, pilih server yang ingin Anda instal, dan pindahkan ke bagian jendela Products/Features to be installed. Sekarang, perluas Applications, pilih MySQL Workbench dan MySQL shell. Pindahkan keduanya ke 'Products/Features to be installed'.




9. Klik tombol Next. Sekarang, klik tombol Execute untuk mengunduh dan menginstal MySQL server, MySQL Workbench, dan MySQL shell.




10. Setelah produk siap untuk dikonfigurasi, klik Next. Di bawah Type and Networking, biarkan dengan pengaturan default dan pilih Next.





11. Untuk otentikasi, gunakan enkripsi kata sandi yang kuat yang direkomendasikan.


12. Atur kata sandi Root MySQL Anda dan klik .





13. Buka dan biarkan pengaturan default pada Windows Service dan pada Apply Configuration, klik Execute. Setelah konfigurasi selesai, klik Finish.



14. Selesaikan instalasi. Program akan membuka MySQL Workbench dan MySQL Shell.




Setelah MySQL Workbench diinstal, pilih Local Instance dan masukkan kata sandi.




Sekarang, Anda dapat menggunakan tab MySQL query untuk menulis kueri SQL Anda. 

Kesimpulan


Dengan fitur-fiturnya yang lengkap, MySQL Workbench adalah perangkat lunak yang populer digunakan oleh bisnis untuk mengelola database terstruktur mereka.


Dalam tutorial ini, Anda mempelajari langkah-langkah untuk menginstal MySQL Workbench di Windows.


Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang instalasi 'MySQL Workbench'? Jika sudah, silahkan tulis di kolom komentar. 


This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top