Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan lanjutkan untuk post seri latihan soal khususnya untuk mapel Prakarya kelas 7 SMP/ MTs semester 1 bab 2 tentang kerajinan tekstil. Materi bab 2 tentang kerajinan tekstil ini lumayan banyak ya teman- teman, ada lima sub bab, antara lain
- Fungsi dan prinsip kerajinan tekstil
- Jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
- Proses produksi kerajinan tekstil
- Kemasan produk kerajinan tekstil
- Contoh proyek kerajinan tekstil
Kelima materi sub bab tersebut saya rangkum menjadi soal latihan untuk membantu belajar teman- teman semua. Latihan soal terdiri dari 65 butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan dalam belajar melalui sistem tanya jawab, kunci jawaban saya buat dalam spoiler atau sistem buka tutup. Materi didasarkan pada buku paket Parakarya kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 edisi revisi.
Baik, langsung saja yaa berikut latihan soalnya, selamat berlatih dan jangan lupa share bila bermanfaat.
=========================================================================================
Latihan Soal Prakarya Kelas 7 SMP/ MTs Semester 1 Bab 2, Kerajinan Tekstil
=========================================================================================
1. Di bawah ini yang merupakan tujuan dari produk kerajinan tekstil adalah ....
A. fungsi penghias
B. fungsi benda pakai
C. fungsi kelengkapan ritual
D. semua jawaban benar
2. Kerajinan dibuat sebagai hiasan pada suatu benda atau pajangan suatu ruang dan tidak memiliki makna tertentu selain untuk menghias. Hal ini merupakan tujuan produk kerajinan sebagai fungsi ....
A. penghias
B. benda pakai
C. kelengkapan ritual
D. simbolik
3. Dengan tujuan benda pakai, produk kerajinan digunakan sebagai ....
A. pajangan ruang
B. barang kebutuhan sehari- hari
C. berkaitan dengan kepercayaan
D. lambang nilai spiritual
4. Kain tenun ulos dikenakan pada saat upacara adat tertentu seperti dalam pesta adat, upacara pernikahan dan pemakaman. Kain ulos mengandung simbol- simbol tertentu yang berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual. Hal ini disimpulkan bahwa produk kerajinan kain ulos berfungsi sebagai ....
A. penghias
B. benda pakai
C. kelengkapan ritual
D. simbolik
5. Kerajinan tekstil tradisional selain sebagai hiasan juga berffungsi melambangkan hal tertentu yang berhubungan dengan nilai spiritual. Hal ini merupakan tujuan produk kerajinan dalam fungsi ....
A. penghias
B. benda pakai
C. kelengkapan ritual
D. simbolik
6. Kerajinan dapat memiliki fungsi nilai ekonomis apabila barang kerajinan tersebut ....
A. bertambah nilai jualnya
B. hanya berfungsi sebagai benda pakai
C. dapat digunakan sebagai hiasan
D. hanya dipakai saat diperlukan
7. Perhatikan gambar berikut ini
source : Buku Prakarya Kemdikbud |
Gambar diatas merupakan jenis alat untuk membuat barang kerajinan .....
A. batik
B. tenun
C. ukir
D. rajut
8. Di bawah ini yang bukan merupakan prinsip kerajinan fungsi hias dan fungsi pakai adalah ....
A. keunikan bahan kerajinan
B. keterampilan tangan
C. unsur komersil
D. unsur estetik dan hiasan
9. Kegiatan membuat barang kerajinan pada awalnya hanya untuk memenuhi aspek ....
A. fungsi
B. pakai
C. keindahan
D. jawaban A dan B benar
10. Nilai estetik dalam karya kerajinan fungsi hias dan fungsi pakai dapat dilihat dari aspek berikut ini, kecuali ....
A. bentuk
B. ragam hias
C. ekonomi
D. komposisi
11. contoh produk kerajinan tiga dimensi dapat dilihat pada produk ....
A. hiasan dinding
B. tas
C. lukisan
D. batik
12. Unsur dekorasi dapat dibuat dengan berbagai cara, salah satunya adalah ....
A. dilukis
B. dicetak
C. diukir
D. semua jawaban benar
13. Cara penerapan unsur hiasan pada produk kerajinan dilakukan dengan ....
A. hiasan pada permukaan produk
B. hiasan terstruktur
C. hiasan pra-produksi
D. jawaban A dan B benar
14. Pembuatan hiasan yang dibentuk sejak awal kerajinan dibuat sehingga menyatu dengan produk itu sendiri merupakan penerapan unsur hiasan ....
A. terstruktur
B. kondisional
C. pra-produksi
D. pasca produksi
15. Setiap perajin perlu memahami tujuan dari pembbuatan produk kerajinan dan memaknai ragam hias yang terkandung pada produk kerajinan tersebut. Hal ini mengandung arti bahwa ragam hias memiliki makna ....
A. spiritual
B. ekonomi
C. simbolik
D. estetik
16. Rancangan dalam pembuatan kerajinan tekstil dibuat dengan menentukan susunan tertentu, salah satunya adalah ....
A. garis dan bentuk
B. warna
C. tekstur
D. semua jawaban benar
17. Susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur dari suatu kerajinan tekstil yang dibentuk dari bahan yang dijalin sesuai teknik pembuatannya merupakan pengertian dari ....
A. structural technic
B. decorative technic
C. economical technic
D. aesthetic technic
18. Sentuhan/perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan efek visual dan memperindah penampilan disebut ....
A. structural technic
B. decorative technic
C. economical technic
D. aesthetic technic
19. Produk kerajinan tas dengan teknik rajut lalu diberikan hiasan bunga- bunga sebagai hiasan untuk memperindah tas tersebut merupakan contoh dari penerapan teknik pembuatan kerajinan ....
A. structural technic
B. decorative technic
C. economical technic
D. aesthetic technic
20. Berikut ini yang bukan merupakan salah satu karakteristik dari structural technic adalah ....
A. klasik
B. unik
C. detail
D. sederhana
21. Suatu teknik dalam membuat karya tekstil dengan cara menenun benang- benang atau serat- serat disebut ....
41. Penutupan pada bagian-bagian tertentu dengan malam agar tetap berwarna putih saat dilorot dalam proses batik disebut ....
A. cetak saring
B. tapestri
C. makrame
D. sulam
22. Dalam kerajinan tapestri kita mengenal benang- benang yang dipasang vertikal pada alat tenun dan tidak bergerak atau terikat di kedua ujungnya yang sering disebut dengan ....
A. pakan
B. lungsi
C. simpul
D. tindas
23. Benang yang dipasang secara horizontal pada benang lungsi ketika menenun kain dan menjadi kunci dari penyusunan motif disebut ....
A. pakan
B. lungsi
C. simpul
D. tindas
24. Perbedaan batik pedalaman dengan batik pesisr adalah terletak pada ....
A. cara pembuatan
B. corak batik
C. keindahan
D. jawaban A dan B benar
25. Pernyataan yang benar tentang batik pedalaman adalah ....
A. berkembang di masyarakat luar keraton
B. memiliki corak yang beraneka ragam terpengaruh dari budaya asing
C. berkembang di masa lalu dan kebanyakan digunakan oleh para petinggi kerajaan
D. warna- warna mengikuti selera masyarakat luas
26. Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan yang benar tentang batik pesisir adalah ....
A. sering disebut juga sebagai batik klasik
B. ragam hias yang cenderung bebas, spontan, dan kasar
C. eksplorasi warna yang bersifat dinamis dan cerah
D. berkembang di luar keraton
27. Dalam proses membatik, lilin malam berfungsi untuk ....
A. merintang warna agar tidak masuk ke dalam serat kain di bagian yang tidak dikehendaki
B. memberikan warna
C. mempertegas goresan batik
D. mencegah lunturnya warna
28. Syarat lilin malam yang baik dalam proses batik adalah ....
A. cepat menyerap
B. tidak mudah copot saat pencelupan
C. mudah lepas saat proses pelorotan
D. semua jawaban benar
29. Pewarna batik dibedakan menjadi dua yatu pewarna sintetis dan pewarna alami. Berikut ini yang termasuk pewarna alami adalah ....
A. ekstrak kayu secang
B. napthol
C. indigosol
D. frozen
30. Alat pembatik yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan yang berffungsi sebagai semacam pena diisi oleh lilin malam cair sebagai tintanya disebut ....
A. gawangan
B. canting
C. bandul
D. tepas
31. Perhatikan gambar berikut ini,
Bagian yang ditunjukkan oleh huruf a adalah ....
A. nyamplung
B. cucuk
C. gagang
D. bandul
32. Berikut pernyataan yang benar tentang batik cap adalah ....
A. motif pada batik cap cenderung pengulangan
B. waktu produksi lebih cepat
C. harga jual lebih murah
D. semua jawaban benar
33. Kompor pada proses produksi batik bberfungsi untuk ....
A. memanaskan lilin malam
B. merebus bahan
C. membakar bahan yang tidak berguna
D. memanaskan bahan pewarna
34. Gawangan pada pembuatan batik berguna untuk ....
A. tempat lilin malam
B. wadah penampung limbah lilin malam
C. membentangkan kain
D. tempat mencairkan malam
35. Pemberian kanji setelah kain dicuci dalam peroses batik disebut ....
A. ngemplong
B. nganji
C. nyungging
D. njaplak
36. Dalam pembuatan batik proses penghalusan permukaan kain dengan cara dipukul-pukul menggunakan alat pemukul dari kayu agar kain tidak kaku dan mudah menyerap malam dan warna disebut ....
A. nglowong
B. nganji
C. ngemplong
D. ngiseni
37. Membuat pola diatas kertas dalam pembuatan batik disebut ....
A. nyungging
B. njaplak
C. nglowong
D. nganji
38. Menjiplak pola dari kertas ke kain merupakan proses ....
A. nyungging
B. njaplak
C. nglowong
D. nganji
39. Memberi lilin/malam pada kain sesuai pola disebut ....
A. nyungging
B. njaplak
C. nglowong
D. nganji
40. Memberi isian motif ke dalam pola besar disebut ....
A. nglowong
B. nganji
C. ngemplong
D. ngiseni
41. Penutupan pada bagian-bagian tertentu dengan malam agar tetap berwarna putih saat dilorot dalam proses batik disebut ....
A. nembok
B. ngiseni
C. nglowong
D. nyolet
42. Dalam proses batik, memberi warna dengan kuas atau kayu dengan ujung
spon dikenal dengan ....
A. nembok
B. ngiseni
C. nglowong
D. nyolet
43. Memberi isian pada latar belakang pola dalam batik dikenal dengan ....
A. nyelup
B. mopok
C. nglorod
D. nanahi
44. Proses membuang lilin/malam yang sudah tidak diperlukan lagi agar motif
batik terlihat dikenal dengan ....
A. nyelup
B. mopok
C. nglorod
D. nanahi
45. Proses batik dalam memberi isian dengan malam pada latar belakang pola
disebut ....
A. nyelup
B. mopok
C. nglorod
D. nanahi
46. Hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit
dan benang disebut ....
A. batik
B. sulam
C. jahit aplikasi
D. makrame
47. Hasil akhir sulaman dimana hasilnya rata dengan permukaan kain disebut
....
A. sulam datar
B. sulam terawang
C. sulam timbul
D. jawaban A dan B benar
48. Pada sulam terawang, hasil sulaman ....
A. rata dengan permukaan kain
B. berlubang- lubang seperti menerawang
C. membentuk tekstur sesuai motif
D. sejajar dengan permukaan kain
49. Pada sulaman timbul hasil sulaman tampak ....
A. rata dengan permukaan kain
B. berlubang- lubang seperti menerawang
C. membentuk tekstur sesuai motif
D. sejajar dengan permukaan kain
50. Bentuk sulaman dengan tekstur menyerupai kepala jarum pentul yang
berukuran kecil disebut ....
A. sulam bayang
B. sulam kepala peniti
C. sulam renda bangku
D. sulam pita
51. Jenis sulaman dengan teknik penempatan kain yang bertindih, kain warna
diletakkan pada bagian dalam/bawah kain dasar sedangkan sulaman dilakukan
pada bagian atas kain dasar disebut ....
A. sulam bayang
B. sulam kepala peniti
C. sulam renda bangku
D. sulam pita
52. Jenis sulam yang memiliki fungsi sebagai renda baju atau taplak dan
lainnya dikenal dengan ....
A. sulam bayang
B. sulam kepala peniti
C. sulam renda bangku
D. sulam pita
53. Jenis sulam yang menggunakan pita-pita dengan berbagai ukuran dan
ketebalan yang bervariasi dikenal dengan ....
A. sulam bayang
B. sulam kepala peniti
C. sulam renda bangku
D. sulam pita
54. Berikut ini adalah sulam yang dikenal turun temurun oleh masyarakat
Sumatra Barat, kecuali ....
A. sulam kepala peniti
B. sulam rajut
C. sulam bayang
D. sulam renda bangku
55. Tehnik menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain
pada kain yang berbeda warna dengan dasar kain yang selanjutnya diselesaikan
dengan jahit tangan teknik sulam yang menggunakan tusuk hias feston disebut
....
A. jahit konvensional
B. jahit aplikasi
C. sulam
D. bordir
56. Jenis jahit dimana teknik membuat benda kerajinan tekstil yang
dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain,kemudian digunting dan
ditempel pada lembaran kain kemudian diselesaikan dengan teknik sulam
dikenal dengan istilah ....
A. jahit aplikasi standar
B. jahit aplikasi potong sisip
C. Jahit aplikasi pada potong motif
D. Jahit aplikasi pada lipat potong
57. Teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melobangi bagian
dasar kain yang telah digambari motif sesuai dengan rencana dikenal dengan
teknik ....
A. jahit aplikasi standar
B. jahit aplikasi potong sisip
C. Jahit aplikasi pada potong motif
D. Jahit aplikasi pada lipat potong
58. Teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada
kain, kemudian ditempel pada permukaan kain disebut ....
A. jahit aplikasi standar
B. jahit aplikasi potong sisip
C. Jahit aplikasi pada potong motif
D. Jahit aplikasi pada lipat potong
59. Teknik menghias permukaan kain
yang dikerjakan dengan tangan atau mesin yang caranya dengan melipat
lembaran kain kemudian dipotong sesuai dengan rencana sehingga tampak
simetris kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk
feston disebut ....
A. jahit aplikasi potong sisip
B. Jahit aplikasi pada potong motif
C. Jahit aplikasi pada lipat potong
D. Jahit aplikasi pengisian
60. Teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan secara manual atau mesin
dengan cara yang sama seperti pada jahit tindas akan tetapi terdapat
penambahan potongan kain yang berbeda warna dikenal dengan ....
A. jahit aplikasi potong sisip
B. Jahit aplikasi pada potong motif
C. Jahit aplikasi pada lipat potong
D. Jahit aplikasi pengisian
61. Alat produksi jahit aplikasi untuk membantu menggabungkan kain satu
dengan lainnya agar tidak bergeser adalah ....
A. jarum jahit
B. jarum pentul
C. tudung jari
D. pemidangan
62. Alat untuk meregangkan kain agar permukaan menjadi rata dan licin
sehingga memudahkan dalam proses penyulaman adalah ....
A. pemidangan
B. tudung jari
C. bantalan jarum
D. jarum pentul
63. Alat untuk melindungi jari agar tidak tertusuk jarum adalah ....
A. pemidangan
B. pemasuk benang
C. tudung jari
D. cukil
64. Alat yang berfungsi untuk membantu memasukkan benang pada lubang jarum
adalah ....
A. pemidangan
B. pemasuk benang
C. tudung jari
D. pendedel jahitan
65. Bila ada jahitan yang salah, maka membongkarnya menggunakan ....
A. pemidangan
B. pemasuk benang
C. tudung jari
D. pendedel jahitan
This post have 0 comments
EmoticonEmoticon