banner

Sabtu, 20 Maret 2021

author photo
Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Latihan soal yang akan saya bagikan pada post ini adalah bagian terakhir (part 5) dari seri latihan soal IPS kelas 8 SMP/ MTs bab 4 tentang Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Sahabat Ahzaa bisa membuka beberapa post latihan seri sebelumnya melalui link di bawah ini,

Baca Juga : 

Pada latihan soal ini, materi soal yang akan dibahas adalah tentang perubahan masyarakat Indonesia melalui masa penjajahan baik pada masa kolonialisme Belanda maupun pada masa pendudukan Jepang. Secara langsung kolonialisme dan imperialisme di Indonesia menyebabkan berbagai perubahan masyarakat Indonesia baik aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, maupun politik. Nah, melalui latihan soal berikut, semoga paparan materi tersebut dapat tersampaikan khususnya melalui soal.


Latihan soal terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Untuk memudahkan dalam belajar kunci jawaban saya buat dalam sistem spoiler (buka tutup), jadi latihan soal tidak hanya sekedar sebagai bahan latihan saja akan tetapi sebagai bahan untuk memahami dan menambah materi khususnya melalui latihan soal. 

Baik, langsung saja yaa berikut latihan soalnya, semoga bermanfaat.
======================================================================================
Latihan Soal IPS Kelas 8 SMP/ MTs 
Bab 4 
Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan 
(Part V)
======================================================================================

1. Terjadinya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia membawa perubahan masyarakat dalam berbagai aspek, kecuali ....
A. keamanan
B. budaya
C. pendidikan
D. ekonomi



2. Salah satu perubahan yang terjadi akibat kolonialisme dan imperialisme dalam bidang ekonomi adalah ....
A. didirikannya sekolah sekolah
B. perluasan lahan perkebunan di Indonesia
C. peninggalan bangunan yang bisa dilihat sampai sekarang
D. sistem pemerintahan yang terstruktur



3. Tujuan transmigrasi pada masa penjajahan Belanda adalah ....
A. persebaran penduduk dari daerah padat ke daerah yang jarang penduduknya
B. penyebaran tenaga murah di berbagai perkebunan di Sumatra dan Kalimantan
C. peningkatan ekonomi penduduk  di daerah yang padat
D. pemerataan penghasilan di semua daerah



4. Negara yang menjadi tujuan perpindahan penduduk khususnya pulau Jawa pada masa kolonial Belanda adalah ....
A. Sri Langka
B. Suriname
C. Haiti
D. Filipina



5. Pembangunan jalan pada masa pemerintahan Deandels membawa dua dampak yang nyata terhadap kehidupan bangsa Indonesia, yaitu dampak positif dan negatif. Berikut ini dampak positif dari pembangunan jalan tersebut adalah ....
A. menanggulangi serangan bangsa lain
B. mempermudah jalur transportasi dan komunikasi masyarakat
C. melancarkan akses komunikasi 
D. jawaban B dan C benar



6. Sekolah pribumi yang menjadi salah satu pelopor gerakan pendidikan modern di Indonesia adalah ....
A. ELS
B. MULO
C. taman siswa
D. HIS



7. Salah satu perguruan tinggi yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dan masih ada hingga sekarang adalah ....
A. Universitas Brawijaya
B. Institut Pertanian Bogor
C. Institut Teknologi Bandung
D. jawaban B dan C benar



8. Dikenalnya sistem pemerintahan baru dalam masa kolonial Belanda membawa perubahan dalam bidang ....
A. ekonomi
B. geografi
C. politik
D. sosial



9. Di bawah ini adalah perubahan dalam bidang budaya pada masa pemerintah kolonial Belanda, kecuali ....
A. peninggalan bangunan Belanda dengan teknologi rancang bangun yang modern
B. perilaku masyarakat kalangan atas dalam kebiasaan seperti pesta - pesta 
C. penyebaran agama Kristen di Indonesia yang dibawa bangsa Belanda
D. ditemukannya tambang- tambang baru



10. Tanaman yang banyak dikembangkan oleh Jepang untuk mendukung dalam perang dunia kedua adalah ....
A. tanaman teh
B. tanaman kopi
C. tanaman jarak
D. tanaman cengkeh



11. Kematian besar- besaran pada masa penjajahan Jepang diakibatkan oleh penderitaan rakyat dalam pengerahan tenaga secara paksa yang disebut ....
A. rodi
B. romusha
C. seirei
D. sekerei



12. Sulitnya pemerolehan bahan pakaian padda zaman pendudukan Jepang menyebabkan rakyat Indonesia mengusahakan bahan  pakaian yang dipakai yaitu terbuat dari bahan ....
A. benang katun
B. benang wol
C. benang sutra
D. benang goni  



13. Dalam aspek Ekonomi, salah satu penyebab kemiskinan pada masa pendudukan Jepang diakibatkan oleh ....
A. ekspor besar- besaran 
B. kebijakan wajib setor padi
C. pajak yang tinggi
D. jawaban B dan C benar



14. Pernyataan yang benar tentang perubahan aspek pendidikan pada masa Jepang adalah ....
A. kegiatan pendidikan dan pengajara berjalan dengan baik
B. jumlah gedung sekolah pada masa pendudukan jepang meningkat 
C. penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di sekolah- sekolah
D. tradisi budaya Jepang dikenalkan di sekolah mulai dari sekolah tingatan rendah



15. Perlawanan yang dilakukan di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang salah satunya disebabkan oleh kebiasaan yang diperkenalkan Jepang yaitu ....
A. menyanyikan lagu Kimigayo
B. penghormatan terhadap matahari
C. pengenalan bahasa Jepang sebagai bahasa utama di sekolah
D. pelarangan organisasi pergerakan politik



This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top