banner

Senin, 15 Februari 2021

author photo
Hai Sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di blog AhzaaNet. Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat yaa, dan tetap terapkan protokol kesehatan. Baik, pada post berikut ini, kita akan lanjutkan latihan soalnya yaa, yaitu untuk mata pelajaran Seni Budaya kelas 7 SMP/ MTs Bab 13 tentang level dan pola lantai pada gerak tari. Latihan bab ini merupakan kelanjutan dari latihan bab 12 yang bisa sahabat Ahzaa semua lihat pada post sebelumnya, 

Adapun cakupan materi bab 13 tentang level dan pola lantai pada gerak tari adalah meliputi 
  1. mengidentifikasi berbagai level pada gerak tari
  2. mendeskripsikan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah
  3. melakukan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah sesuai iringan
  4. mengasosiasi gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah  dengan sikap dan kehidupan sosial budaya di masyarakat 
  5. mengomunikasikan penampilan gerak tari berdasarkan level tinggi, sedang, dan rendah sesuai iringan secara lisan dan/atau tertulis.
Materi soal disarikan dari buku paket Seni Budaya kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 edisi revisi khususnya bab 13. Terdapat 20 butir soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannyya untuk memudahkan sahabat Ahzaa dalam belajar. 

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,

Semoga Bermanfaat.

==========================================================================================
Latihan Soal Seni Budaya Kelas 7 SMP/ MTs 
Semester 2 
Bab 13 : Level dan Pola Lantai pada Gerak Tari

==========================================================================================

1. Dalam tarian, tinggi rendah gerak yang dilakukan disebut ....
A. level
B. tempo
C. ritme
D. dinamika



2. Pada gerakan tari level rendah, gerakan dilakukan ....
A. sejajar dengan tubuh
B. secara vertikal sebatas kemampuan penari
C. menyentuh lantai
D. rata dengan tubuh



3. Apabila gerak level tari dilakukan secara vertikal dengan sebatas kemampuan penari, maka jenis level gerakan tersebut adalah termasuk gerak....
A. level rendah
B. level sedang
C. level tinggi
D. level bebas



4. Desain level gerak oleh sekelompok penari dimana terdapat level gerak desain rendah dan atas akan memberikan kesan ....
A. monoton
B. dinamis
C. terstruktur
D. tetap



5. Perhatikan gambar berikut ini,



Level gerak tinggi ditunjukkan oleh huruf ....
A. a
B. b
C. c
D. a dan b



6. Di bawah ini yang merupakan  tarian menggunakan level rendah adalah ....
A. tari Sekapur Sirih
B. tari Seudati
C. tari Remo
D. Reog Ponorogo



7. Berikut ini adalah fungsi dari gerak level tari, kecuali ....
A. mencapai dinamika dalam tari
B. menunjukkan tokoh dalam penampilan tari
C. membedakan kualitas dari setiap penampil tari
D. membentuk desain bawah dan atas dalam tari


8. Perhatikan gambar berikut ini,




Pada gambar diatas, seorang penari yang berdiri setengah badan menunjukkan level ....
A. rendah
B. sedang
C. tinggi
D. bebas


9. Salah satu alasan permainan level yang variatif pada tari berkelompok dianggap lebih mudah dan menarik adalah ....
A. ragam gerak yang berbeda dilakukan masing- masing oleh setiap penari
B. ragam gerak yang sama dapat dilakukan bergantian, serempak, atau selang seling
C. satu ragam gerak dapat dilakukan dalam level yang berbeda- beda
D. jawaban B dan C benar


10. Untuk memberikan kesan melayang pada gerak tari yang ditampilkan, maka pada level tinggi dapat menggunakan alat bantu berupa ....
A. tali
B. trap
C. panggung kecil
D. semua jawaban benar


11. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi level tinggi dalam tari adalah ....
A. memfokuskan terhadap peran atau gerak seseorang sehingga dapat dilihat dari segala arah
B. menunjukkan antara dua peran yang berbeda dalam tari
C. menentukan tinggi rendahnya gerakan
D. memberikan suatu kesan tertentu dalam tari khususnya kesan yang kuat dan dinamis


12. Hubungan antara gerak tari terhadap level sedang dalam tari adalah ....
A. memberikan suatu kesan tertentu terhadap penari misalnya kesan maskulinitas, kuat dan kukuh
B. menunjukkan antara dua peran yang berbeda dalam tari
C. memfokuskan terhadap peran atau gerak seorang penari
D. memberikan keleluasaan penari untuk dilihat dari segala arah


13. Hubungan antara level gerak terhadap ruang, waktu dan tenaga adalah ....
A. Level dapat membentuk ruang dan untuk membentuk ruang membutuhkan waktu lalu untuk membentuk ruang dan waktu tentu membutuhkan tenaga
B.   Level dapat membentuk tiga unsur sekaligus yaitu ruang dan waktu serta tenaga
C. Level hanya berhubungan langsung dengan tenaga, sedangkan ruang dan waktu adalah pelengkapnya saja
D. tidak ada hubungan diantara keempatnya


14. Gerakan posisi yang menunjukkan gerak level rendah sering dijumpai pada tarian daerah ....
A. Jawa
B. Sunda
C. Kalimantan
D. jawaban A dan B benar


15. Posisi level rendah gerak tari dengan cara penari berjalan sambil berjongkok menunjukkan kehormatan akan ....
A. jabatan
B. orang yang dituakan
C. pangkat
C. kedudukan


16. Pola tari Saman dari Aceh menggunakan jenis ....
A. pola lantai lurus vertikal
B. pola lantai horisontal
C. pola lantai garis melengkung
D. pola lantai diagonal


17. Pola lantai lurus vertikal pada tari menunjukkan kesan ....
A. lembut tetapi lemah
B. sederhana tetapi kuat
C. dinamis tetapi kokoh
D. lemah tetapi indah


18. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat pola lantai dalam tari adalah ....
A. menjaga setiap penari agar tidak bertabrakan
B. membantu penari menentukan gerakan selanjutnya
C. memberikan ciri khas suatu tarian
D. menunjukkan peran salah satu penari dalam tari


19. Berikut ini adalah jenis tari yang menggunakan pola lantai garis lengkung kecuali ....
A. tari Kecak dari Bali
B. tari Bedaya dari keraton Jawa
C. tari Badong dari Toraja
D. tari Randai dari Minangkabau


20. Pola lantai garis lurus yang terdapat pada tari Baris gede di Bali menunjukkan makna ...
A. sikap jujur
B. hubungan antar manusia
C. hubungan manusia dengan Tuhan
D. selaras dengan alam

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top