banner

Kamis, 11 Februari 2021

author photo
Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di Blog AhzaaNet. Pada post ini, kita akan lanjutkan seri latihan soal PPKn kelas 7 SMP/ MTs semester 2 (genap) bab 6 tentang Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagian ini merupakan bagian ketiga seri soal bab 6 mengingat banyaknya materi dan pembahasan topiknya. Bagi sahabat Ahzaa yang belum berlatih soal bab 6 bagian pertama dan kedua, bisa klik pada tautan berikut ini, 

Source : Pixabay



Baca Juga : 


Adapun materi atau topik pembahasan melalui soal pada bagian III ini mencakup sub bab :

B. Peran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
     - Peran Daerah dalam Perjuangan Kemerdekaan
     - Peran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia Saat Ini
C. Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Materi soal disarikan dari pokok bahasan buku paket PPKn kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 edisi revisi dengan jumlah soal 20 butir soal pilihan ganda. Untuk mempermudah dalam belajar, setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dalam bentuk spoiler (bisa dibuka dan tutup). 

Semoga dengan latihan soal ini bisa memberikan manfaat bagi sahabat Ahzaa semuanya. Nah, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,

========================================================================================
Latihan Soal PPKn Kelas 7 SMP/ MTs 
Semester 2 
Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia Part III

========================================================================================

1. Di bawah ini yang merupakan latar belakang terjadinya pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945 adalah ....
A. insiden hotel Yamato
B. terbunuhnya Brigjen A.W.S Mallaby
C. keinginan sekutu untuk melakukan gencatan senjata
D. ultimatum sekutu untuk menyerah tanpa syarat



2. Tokoh terkenal pada pertempuran Surabaya yang membangkitkan semangat para pemuda untuk bergerak melawan sekutu melalui radio adalah ....
A. Supriyadi
B. Gubernur Suryo
C. Bung Tomo
D. Kol. Suharto



3. Tujuan pasukan sekutu memasuki kota Bandung sehingga menyebabkan peristiwa Bandung Lautan Api adalah ....
A. pasukan sekutu ingin menduduki Bandung
B. mengambil alih tawanan Jepang dan melucuti senjata mereka
C. memberi ultimatum rakyat Bandung untuk menyerahkan senjata kepada sekutu
D. jawaban B dan C benar



4. Pertempuran antara rakyat Bandung melawan sekutu terjadi pada ....
A. 23 Maret 1946
B. 24 Maret 1946
C. 25 Maret 1946
D. 26 Maret 1946



5. Pertempuran di Medan, Sumatra Utara dilatarbelakangi oleh ....
A. ulah pasukan sekutu yang merampas dan menginjak- injak lencana merah putih
B. ultimatum sekutu agar rakyat Medan menyerahkan senjata
C. teror pasukan sekutu terhadap rakyat Medan
D. semua jawaban benar



6. Komando resimen Laskar Rakyat Medan area dibentuk pada tanggal ....
A. 9 Agustus 1946
B. 10 Agustus 1946
C. 11 Agustus 1946
D. 12 Agustus 1946



7. Hal yang menjadi latar belakang terjadinya peristiwa pertempuran lima hari di Semarang adalah ....
A. ultimatum Jepang agar pemuda Semarang menyerahkan senjatanya
B. terbunuhnya perwira tentara Jepang
C. adanya kabar bahwa Jepang meracuni sumber air minum
D. pengusiran warga Semarang untuk meninggalkan kota



8. Pertempuran lima hari di Semarang adalah pertempuran rakyat Indonesia melawan ....
A. Belanda
B. sekutu
C. Jepang
D. Inggris



9. Tujuan pasukan TKR melakukan serangan fajar pada pasukan Inggris dalam pertempuran Ambarawa adalah ....
A. melucuti senjata Inggris
B. memukul mundur pasukan Inggris
C. membalas serangan yang dilakukan pasukan Inggris sebelumnya
D. membebaskan tawanan perang pasukan TKR



10. Berikut ini adalah latar belakang terjadinya perang Diponegoro, kecuali ....
A. campur tangan politik pihak kolonial Belanda ke dalam lingkungan keraton
B. provokasi pembuatan jalan melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro
C. kerugian Belanda akan perang yang berkepanjangan
D. penderitaan rakyat dengan berbagai pajak dan pungutan yang tinggi



11. Perang Diponegoro berlangsung antara tahun ....
A. 1800 - 1805
B. 1825 - 1830
C. 1826 - 1835
D. 1815 - 1820



12. Taktik yang digunakan oleh Belanda dalam menghadapi pihak Indonesia dalam perang Diponegoro adalah ....
A. cuultur stelsel
B. benteng stelsel
C. devide et impera
D. taktik marsose



13. Pangeran Antasari merupakan salah satu tokoh pahlawan dari daerah ....
A. Kalimantan Selatan
B. Sumatra Utara
C. Aceh
D. Banten



14. Strategi yang digunakan Belanda untuk melemahkan kerajaan Banjar dibawah Pangeran Antasari adalah dengan  politik membagi, memecah belah, dan menguasai yang dikenal dengan strategi ....
A. cuultur stelsel
B. benteng stelsel
C. devide et impera
D. taktik marsose



15. Latar belakang penyebab pecahnya perang di Bali pada tahun 1846 antara Belanda dengan sasaran utama kerajaan Buleleng adalah ....
A. penderitaan rakyat akibat kolonial Belanda
B. penolakan rakyat akan kedatangan Belanda
C. sikap Belanda yang sewenang- wenang
D. protes Belanda akan hak Tawan Karang



16. Insiden perang Bali antara Belanda dengan kerajaan Buleleng dikenal dengan sebutan ....
A. Puputan Jagaraga
B. Puputan Margarana
C. Puputan Kusamba
D. Puputan Badung



17. Salah satu tokoh yang berperan penting dalam perang Jagaraga adalah ....
A. I Gusti Ngurah Rai
B. I Gusti Ketut Jelantik
C. I Gusti Ngurah Made Agung
D. I Gusti Ketut Pudja



18. Berikut ini yang bukan termasuk peran daerah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....
A. mempertahankan bentuk dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
B. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pendapatan masyarakat
C. membantu pemerintah pusat dalam menjalankan urusan politik dan keamanan dalam negeri
D. memajukan bangsa melalui inovasi dan kreativitas aparatur sipil negara di daerah



19. Salah satu bentuk komitmen warga negara terhadap keutuhan  NKRI adalah ....
A. membayar pajak bumi dan bangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
B. hanya mematuhi peraturan bila diperlukan
C. sikap acuh terhadap situasi yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal
D. lebih mementingkan kepentingan suku, golongan dan ras sendiri



20. Upaya mempertahankan NKRI di lingkungan sekolah dapat dilakukan melalui sikap ....
A. berpartisipasi dalam siskamling
B. ikut bergotong royong dalam masyarakat
C. berperan aktif dalam kegiatan Pramuka dan PMR
D. menjaga kelestarian alam Indonesia 



This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top