banner

Rabu, 15 April 2020

author photo
Salah satu jurusan SMK yang peminatnya kian banyak adalah jurusan tata boga. Jurusan ini memang identik dengan dunia masak- memasak dan perkulineran. Jurusan tata boga masuk dalam program keahlian kuliner pada bidang keahlian pariwisata. Seiring dengan industri pariwisata yang terus bertumbuh seperti saat ini, jurusan tata boga menjadi salah satu pilihan untuk menghadapinya. Lulusan SMK jurusan tata boga dapat mengisi pasar industri pariwisata khususnya bidang kuliner yang semakin luas. Selain itu, jurusan tata boga dapat memberikan kontribusi dalam bidang ekonomi kreatif dengan membuka usaha sendiri berbasis kuliner. 
Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/photos/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=731351">Free-Photos</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=731351">Pixabay</a>
gambar oleh pixabay

Nah, bagi kamu yang nanti ingin masuk SMK jurusan tata boga beberapa informasi ini mungkin sedikit berguna untukmu.

Apa saja yang dipelajari
Saat kamu masuk ke jurusan tata boga, kamu akan mempelajari berbagai macam ketrampilan dalam bidang makanan seperti bidang pengolahan dan penyajian makanan, produk pastry dan bakery, cake dan kue Indonesia, serta produk kreatif dan kewirausahaan dan tata hidang.

Mata pelajaran bidang muatan nasional akan tetap kamu tempuh pada kelas X, XI dan XII seperti mapel PABP, PKn, bahasa Indonesia, Matematika, Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris dan asing lainnya. Untuk muatan kewilayahan seperti mapel seni budaya hanya kelas X dan PenjasOrkes di kelas X dan XI saja.

Pada bidang mapel dasar kejuruan, terdapat simulasi dan komunikasi digital, IPA terapan dan kepariwisataan. Semua mapel tersebut ditempuh di kelas X. Mapel dasar program keahlian juga akan kamu dapatkan di kelas X juga yaitu mapel keamanan pangan, pengetahuan bahan makanan, boga dasar dan ilmu gizi.

Mapel kompetensi keahlian akan kamu terima saat kamu mengenyam kelas XI dan XII. Mapel- mapel tersebut meliputi tata hidang, pengolahan dan penyajian makanan, produk cake dan kue Indonesia, produk pastry dan bakery, serta produk kreati dan kewirausahaan. Kegiatan magang (On the Job Training) biasanya akan kamu tempuh pada saat kelas XI di berbagai Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang sudah bekerja sama dengan sekolahmu.

Prospek Lulusan Tata Boga
Prospek lulusan jurusan tata boga relatif l;uas. Kamu bisa bekerja dalam bidang industri perhotelan, rumah sakit, restoran dan katering. Selain itu kamu juga bisa berwirausaha sendiri di bidang katering, restoran, kuliner, dan pemasok bahan dan produk makanan dan minuman baik di hotel maupun restoran.

Lulusan tata boga SMK juga berkesempatan untuk masuk bintara tata boga POLRI (jurusan dibuka pada tahun saat tulisan ini ditulis-- memang diperuntukkan khusus untuk jurusan tata boga SMK) dengan syarat tertentu.

Selain itu, lulusan SMK jurusan tata boga bisa melanjutkan pendidikannya melalui kampus- kampus baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan tata boga. Sebutlah Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, atau Universitas Negeri jakarta yang membuka jurusan Pendidikan Tata Boga.

SMK jurusan tata boga
Yap, setelah memantapkan pilihan,  kamu bisa pilih SMK jurusan tata boga yang ada di kotamu. Sudah banyak SMK yang membuka jurusan ini, tetapi, pilihlah SMK yang memang memiliki kualitas yang baik dari segi visi-misi,  akreditasi, kelengkapan fasilitas, dunia usaha dan dunia industri yang bekerja sama, dan track record lulusan SMK tersebut.


Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang akan melanjutkan ke SMK jurusan tata boga. Ada pertanyaan seputar tulisan ini, bisa isi di kolom komentar yaa...

Salam.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top