banner

Sabtu, 13 Oktober 2018

author photo
Sejarah Judo di Indonesia - Awal mula Judo dikenal di Indonesia sejak tahun 1942, pada masa penjajahan Jepang. Pada waktu itu, tentara Jepang berlatih Judo pada hari tertentu saja di lingkungan asrama, lama-kelamaan para tentara Jepang bersahabat dengan orang-orang Indonesia, maka orang Indonesia yang menjadi sahabatnya itu ikut berlatih Judo dan dipilih dengan selektif supaya tidak membahayakan keberadaan tentara Jepang di Indonesia saat itu.

Pada tahun 1949 berdirilah perkumpulan Judo pertama di Jakarta yang bernama "Jigoro Kano Kwai" yang dipimpin oleh J.D. Schilder (orang Belanda). Perkumpulan tersebut berlatih Judo di gedung YMCA, jalan Nusantara, Jakarta.

Anggota-anggota dari perkumpulan Judo tersebut terdiri dari berbagai lapisan antara lain mahasiswa, pelajar, umum, ABRI, anak-anak, dan orang dewasa, baik pria dan wanita.

Selain belajar Judo, mereka juga belajar Jiujitsu (salah satu jenis beladiri Jepang yang merupakan induk dari olahraga Judo).

Pada tahun 1951 berdiri pula perkumpulan Judo di Medan yang dipimpin oleh Moriwa Wada (orang Jepang), dengan nama perkumpulan "Jigoro Kano Kwai Medan."

Pada tanggal 20 Mei 1955, didirikan juga perkumpulan Judo yang diberi nama Judo Institute Bandung (JIB) oleh Letkol Abbas Soeriadinata, Letkol D. Pudarto, Mayo Uluk Wartadireja, Pouw Tek Siang, dengan pelatih Tok Supriadi (orang Jepang).

Kapan organisasi Judo Indonesia dibentuk?

Sejarah Singkat Judo di Indonesia dan Perkembangannya (Lengkap)

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top