banner

Selasa, 03 November 2015

author photo
Sesuai dengan UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menyebutkan bahwa guru mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Pelaksanaan UKG merupakan kegiatan yang berbentuk Ujian yang ditujukan untuk mengukur kompetensi dasar guru tentang bidang studi dan pedagogik dalam ranah keguruannya.  Ada beberapa materi yang akan diujikan dalam UKG seperti menguji kemampuan pedagogik guru dan juga kemampuan profesional guru.


Berikut ini adalah beberapa contoh soal dan jawaban soal UKG sesuai dengan kisi- kisi dan beberapa materi yang berkaitan dengan tes UKG.
===============================================================================
Soal No. 1
Guru berperan sebagai fasilitator dalam kelas untuk member kemudahan belajar bagi para siswanya seperti mengatur dan menyediakan sumber-sumber untuk belajar, memotivasi siswa untuk berpikir kritis, serta berusaha memahami jalan pikiran siswa. Teori belajar semacam ini disebut teori belajar........
A.  Behavioristik 
B.  Kognitif
C.  Sosial
D.  Humanistik
Pembahasan :
Peran guru dalam teori ini adalah sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi,kesadaran mengenai makna kehidupan siswa. Guru memfasilitasi pengalaman belajar kepada siswa dan mendampingi siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran. Siswa berperan sebagai pelaku utama yang memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Maka teori belajar yang cocok adalah teori belajar Humanistik
Jawaban : D
===============================================================================
Soal No. 2
Seorang guru memberikan perintah kepada siswa untuk melakukan kegiatan praktik merupakan “stimulus” dan siswa dengan menggunakan pemikirannya melakukan kegiatan praktik merupakan “respons” yang hasilnya langsung dapat diamati. Teori belajar ini disebut .....
A.  Konstruktivisme 
B.   Humanistik
C.  Behavioristik 
D.  Sosial
Pembahasan :
Guru memberikan perintah kepada siswa untuk melakukan kegiatan praktik merupakan “stimulus” dan siswa dengan menggunakan pemikirannya melakukan kegiatan praktik merupakan “respons” Maka Teori yang berhubungan dengan konteks ini adalah Teori  behavioristik yang model  hubungan stimulus-responnya,  mendudukkan  orang yang   belajar   sebagai    individu    yang    pasif.  Respon   atau   perilaku    tertentu    dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. 
Jawaban : C
================================================================================
Soal No. 3
Salah satu prinsip penyusunan RPP adalah “Mendorong partisipasi aktif peserta didik”. Maksudnya adalah ...
A.  Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
B. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
C. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI,KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajara dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
D.  RPP  memuat rancangan program pemberian umpan balikpositif, penguatan, pengayaan dan remidi.
Pembahasan :
RPP disusun dengan berpusat pada peserta didik sehingga proses pembelajaran dirancang untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Jawaban : A
================================================================================
Soal No. 4
Pengembangan RPP harus menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Hal ini terdapat dalam komponen RPP yaitu ......
A. Kompetensi Dasar
B. Materi Ajar
C. Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi Inti
Pembahasan : 
Penggambaran proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar terdapat dalam Tujuan pembelajaran.
Jawaban : C
================================================================================
Demikian beberapa contoh soal UKG dan Pembahasannya. Bagi rekan - rekan guru yang ingin berlatih soal dalam menghadapi tes UKG bulan November ini, berikut sudah saya siapkan tes Online UKG yang  terdiri dari beberapa materi soal yaitu pedagogik, teori belajar, penilaian dan pengembangan silabus. Tes online UKG ini menggunakan Flash Player, pastikan bahwa browser anda sudah terinstal atau terintegrasi dengan Flash Player.

Silahkan klik Tautan berikut ini untuk memulai Tes UKG Online.

SOAL TENTANG TEORI BELAJAR ONLINE

SOAL TENTANG PEDAGOGIK ONLINE

SOAL PENILAIAN 1

SOAL PENILAIAN 2

SOAL PENILAIAN 3

SOAL PENILAIAN 4

SOAL TENTANG PENGEMBANGAN SILABUS ONLINE

Semua soal yang terdapat dalam soal online UKG diambil dari beberapa sumber yang disesuaikan dengan materi yang berkaitan dengan tes UKG tahun ini dan dimasukkan dalam pembuatan sistem tes online. 
Demikian posting saya mengenai latihan soal UKG tahun 2015 dan pembahasannya. Semoga bisa membantu rekan- rekan semua dalam mempersiapkan Tes UKG mendatang. Semoga sukses.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post
Back to Top